Ciri Awal Penyakit Gondok

Ciri Awal Penyakit Gondok

Penyakit gondok termasuk penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani dengan tepat. Untuk itu penting bagi kita mengetahui ciri awal penyakit gondok agar kita senantiasa waspada dengan penyakit yang satu ini.

ciri awal penyakit gondok

Ciri-Ciri Penyakit gondok

Ciri utama dari penyakit gondok yaitu benjolan kecil yang tidak terasa sakit pada saat anda melakukan gerakan  atau menelan kelenjar gondok yang akan ikut bergerak naik turun. Selain itu ada beberapa gejala lainnya yaitu :

  1. Benjolan pada leher

Benjolan tersebut sebagai akibat dari kelenjar tiroid yang membengkak, dimana kelenjar teroid terletak di leher atau tepatnya dibawah jakun. Pembengkakan kelejar tiroid sudah tentu akan menyebabkan perubahan bentuk leher dimana leher akan ikut membengkak atau muncul benjolan.

  1. Sakit Tenggorokan

Jika ukuran benjolan semakin membesar, hal ini akan mengakibatkan sakit tenggorokan yang tentu saja dapat mengganggu aktifitas yang melibatkan leher beserta organ yang ada di area leher tersebut.

  1. Sakit saat menelan

Gejala ini terjadi akibat dari penekanan pada leher yang menyebabkan tenggorokan semakin sempit dan mengakibatkan rasa sakit saat menelan sesuatu. Gejala yang parah berpotensi menurunkan nafsu makan penderitanya.

  1. Rasa nyeri saat mengunyah makanan

Penmbengkakan yang terjadi  akan menyebabkan otot-otot disekitaran leher menjadi tegang sehingga penderita gondok akan kesulitan dan merasa sakit saat mengunyah makanan.

  1. Terjadi Perubahan suara

Adanya tekanan di leher dan tenggorokan dapat menyebabkan vita suara berubah, karena suplai udara yang masuk tenggorokan terbatas.

  1. Keringat berlebih

Tidak hanya menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid, kekurangan iodin akan menyebabkan tubuh menghasilkan keringat yang beerlebihan.

  1. Tubuh cepat lelah

Penderita penyakit gondok kemungkinan akan mengalami berbagai macam gejala darah rendah seperti cepat lelah, tubuh lemas, dan mudah mengantuk. Kekurangan iodin juga akan menyebabkan denyut jantung melemah sehingga aliran darah pun akan terganggu.

Tidak Hanya itu gejala bisa terjadi pada saat anda mengangkat tangan anda di atas kepala terasa pusing ,suara berubah menjadi serak dan batuk.

Kondisi tersebut jelas berbahaya mengingat kelenjar tirod adalah salah satu kelenjar yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita yakni sebagai penghasil dan penyimpan hormon yang dibutuhkan dalam sistem metabolisme tubuh.

Bagaimana penyakit gondok dapat didiagnosis ?

Dokter akan memeriksa pembengkakan di leher dengan melakukan beberapa tes diagnosis seperti :

  • dapat melihat ukuran dan bentuk kelenjar tiroid serta mendeteksi adanya nodul
  • Scan Tiroid .scan ini dapat menunjukan kondisi kelenjar dan ukuran
  • Test darah test ini dapat mendeteksi perubahan kadar hormon yang di produksi dalam menanggapi infeksi atau cedera

Penderita juga akan diminta menjalani evaluasi fungsi tiroid untuk memastikan penyebab terjadinya pembengkakan kelenjar. Umumnya kelenjar tiroid dapat diketahui oleh dokter memalui pemeriksaan fisik yang sederhana.

Demikian  informasi tentang ciri awal penyakit Gondok semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini.

Posted by :

Obat Gondok Alami dan Manjur

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Penyebab Dan Faktor Resiko Penyakit Gondok - OBAT GONDOK ALAMI DAN MANJUR
  2. Bahaya Penyakit Gondok - OBAT GONDOK ALAMI DAN MANJUR
  3. Pantangan Makanan Bagi Penderita Gondok - OBAT GONDOK ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*