Penyebab Benjolan di Leher Dan Cara Mengatasinya

Benjolan di leher seringkali di kira sebagai gondok atau gondongan. Namun ternyata, ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan benjolan di leher, Apa saja penyebab benjolan di leher kanan ataupun kiri ? Apakah Berbahaya ? mari simak ulasan lengkap berikut ini.

Penyebab Benjolan di Leher

Penyebab Benjolan di Leher

Timbulnya benjolan di leher merupakan suatu kondisi yang tidak boleh di anggap enteng karena bisa jadi itu merupakan tanda atau gejala dari penyakit yang serius. Namun bukan berarti setiap benjolan di leher penyekit serius bisa juga itu hanya gangguan ringan yang bisa hilang dengan snedirinya.

Bahkan sebagian besar penyeab dari benjolan di leher tidak berbahaya, meski begitu penting bagi kita untuk mengtahui apa saja yang manjadi penyebab benjolan di leher dengan begitu maka kita bisa melakukan penanganan yang tepat.

Secara umum, Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab timbulnya benjolan di leher yang sering terjadi, yakni :

  1. Kelenjar Getah Bening

Penyebab benjolan di leher yang paling sering adalah pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah beninmg ini mengandung sel-sel yang membantu tubuh melawan infeksi ( bakteri atau virus )dan meningkirkan sel-sel ganas atau kanker.

  1. Masalah pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar pengatur metabolisme tubuh yang terletak di bagian depan leher. Maslaah pada kelenjar ini bisa menimbulkan benjolan padat atau cair di leher. Banyak orang yang sering kali menyebut pembesaran atau benjolan kelenjar tiroid dengan istilah penyakit gondok.

  1. Kulit tambahan atau benjolan subkutan

Benjolan di leher belakang juga bisa timbul dari kulit yang menebal di bawah atau di atas jaringan kulit. Sebagian besar benjolan ini tidak bersifat kanker dan tidak menimbulkan gejala tertentu.

  1. Pembesaran kelenjar ludah

Penyebab benjolan di leher selanjutnya adalah pembesaran kelenjar ludah, kelenjar ini membantu anda mencerna makanan agar mudah masuk kedalam saluran pencernaan.

Kelenjar ludah juga terkadang bisa membesar karena berbagai alasan, termasuk tumor, infeksi, atau akibat kondisi medis lain yang mendasarinya. Maka tak jarang pembesaran kelenjar ludah bisa menyebabkan benjolan di leher kanan atu kiri.

  1. Infeksi

Benjolan di leher belakang, kanan atau di sisi kiri bisa berkembang ketika tubuh melawan infeksu dari pilek, gigitan serangga, atau luka kecil. Infeksi yang lebih serius dapat menyebabkan kelenjar membesar dan menjadi keras atau lunak. Contoh infeksi tersebut yakni :

  • Infeksi bakteri
  • Infeksi virus
  • Sistem imun yang lemah.

Bahayakah Benjolan Dileher ?

Munculnya bgenjolan di leher tentu membuat orang yang mengalaminya panik. Namun, kebnayakan benjolan di leher nayatanya tidak membahayakan kesehatan.

Benjolan yang ada di leher bisa berukuran kecil atau membesar, tergantung dari penyebab benjolan di leher itu sendiri. Namun sebagian besar besar benjolan yang muncul di leher tergolong tumor jinak alias non kanker.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Benjolan di Leher ?

Cara mengobati benjolan di leher tergantung dari penyebabnya, jika di sebabkan oleh infeksi, dan bila anda memriksakan kedokter maka pada umumya dokter akan meresepkan obat anti biotik obat anti virus terkait penyakitnya.

Sedangkan untuk pengobatan masalah tiroid, yakni hipertiroidisme akan menggunakan terapi hormon tiroid buatan.

Namun dengan cara pengobatan di atas bisa menimbulkan efek samping yang bisa bergantung terus pada obat-obatan.

Tapi jika hal itu tidak di inginkan maka sebaiknya pengobatan dilakukan dengan cara tradisonal yakni dengan mengkonsumsi obat herbal benjolan di leher.

Untuk informasi lengkapnya KLIK DISINI

Semoga informasi mengani penyebab benjolan di leher ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan, Sekian dan Terimakasih.

Salam Sehat !!

Post by : Penyebab Benjolan di Leher Dan Cara Mengatasinya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*