Penyebab Dan Faktor Resiko Penyakit Gondok

Penyebab Dan Faktor Resiko Penyakit Gondok

Tidak hanya gejalanya saja yang harus diketahui, namun juga penyebab dan faktor resiko penyakit gondok penting untuk kita ketahui. Hal ini agar kita dapat terhindar dari penyakit gondok.

penyebab dan faktor resiko penyakit gondok

Penyebab penyakit gondok

Gondok terkadang sulit untuk ditemukan penyebabnya. Meski demikian, penyebab umum terjadinya gondok yaitu kurangnya yodium dalam tubuh. Tanpa yodium yang cukup maka kelenjar tiroid harus bekerja ekstra dalam menghasilkan hormon. Berikut beberapa penyebab lain penyakit gondok yaitu :

  1. Kelebihan senyawa glukosinates

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosinates dapat menyebabkan penyakit gondok. Dimana senyawa glukosinates dapat di temukan dalam berbagai jenis sayuran seperti kembang kol, kubis, dan brokoli.

  1. Kondisi hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif, kondisi ini akan mempengaruhi kekebalan tubuh dan membuat kelenjar tiroid menghasilkan hormon dalam jumlah yang berlebihan. Kondisi inilah yang memicu terjadinya penyakit gondok.

  1. Kondisi kehamilan

Ketika seorang wanita sedang hamil maka tubuh akan menghasilkan hormon yang disebut dengan HGC (human chorionicgonadotropin). Kehamilan juga bisa memicu terjadinya penyakit gondok akibat dari hormon HGC yang mempengaruhi kinerja kelenjar tiroid.

  1. Merokok

Merokok dapat merusak kesehatan tetapi  sering tidak disadari oleh semua orangi. Di dalam asap rokok terdapat zat yang bernama tiosianat, dimana dapat menghambat kinerja kelenjar tiroid dalam menyerap zat iodine di dalam tubuh.

  1. Kelebihan makanan giotrogenik

Berbagai jenis makan seperti kedelai, kacang-kacangan, buah persik, stroberi, lobak, dan bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi terdapat senyawa flavonid yang bisa menyebabkan gangguan pada fungsi kelenjar tiroid sehingga membuat produk hormon tiroid terhenti.  Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit gondok.

Siapa saja yang beresiko terkena penyakit gondok ?

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit gondok, diantaranya :

    • Obat obatan seperti imunosupresan.
    • Faktor resiko penyakit gondok meningkat seiring bertambah usia
    • Faktor keturunan
    • Jenis kelamin namun wanita mempunyai faktor resiko penyakit gondok yang lebih tinggi dibanding pria
    • Adanya radiasi yang di sebabkan karena melakukan kemotrapi

Pada awalnya penderita gondok tidak mengalami gejala. Meski demikian ciri awal penyakit gondok yakni munculnya benjolan atau pembengkakan pada leher yang  mungkin disertai dengan sakit tenggorokan, terasa nyeri, perubahan suara, serta kesulitan menelan dan bernafas.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera obati dan tangani secepatnya. Hal ini agar penyakit gondok tidak semakin parah dan gejala yang dirasakanpun dapat segera sembuh.

Cara Pengobatan Penyakit Gondok

Pengobatan penyakit gondok tergantung kepada kondisi dari benjolan itu sendiri seperti ukuran benjolan, penyebabnya, tekstur benjolan, berbagai gejala yang dirasakan serta kondisi kesehatan yang dimiliki penderita. Berikut adalah beberapa cara pengobatan penyakit gondok yang bisa dilakukan :

  • Jika gondok di sebabkan karena tubuh tidak mendapatkan zat yodium yang cukup maka harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung yodium tinggi seperti makanan laut dan garam yodiumsebagai bumbu masakan.
  • Jika kondisi gondok di sebabkan oleh hipotiroidisme maka bisa disembuhkan dengan trapi pergantian hormon tiroksin untuk seumur hidup
  • Gondok yang di sebabkan oleh kanker maka tindakan sebaiknya melakukan pembedahan,radiotrpi dan kemotrapi.

Selain dengan cara diatas, kami disini juga mempunyai solusi ampuh untuk mengobati penyakit gondok yaitu dengan mengkonsumsi Walatra Gamat Emas Kapsul yang terbuat dari bahan alami teripang emas yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit gondok. Lebih lengkapnya, anda dapat membaca artikel berikut : Obat gondok alami dan manjur

Demikian informasi mengenai penyebab dan faktor resiko penyakit gondok, terimakasih banyak sudak menyimak artikel kami semoga bermanfaat.

Posted by :

Obat Gondok Alami Dan Manjur 

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bahaya Penyakit Gondok - OBAT GONDOK ALAMI DAN MANJUR
  2. 9 Pantangan Makanan Bagi Penderita Gondok Yang Wajib Dihindari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*