Waspada! Ini 6 Penyebab Gula Darah Cepat Naik

Menjaga kadar gula darah normal memang menjadi salah satu cara atau tips untuk menhindari penyakit diabetes, adapun beberapa Penyebab Gula Darah Cepat Naik yang perlu anda ketahui. Seperti apa dan seberapa banyak penyebabnya ? simak informasinya di bawah ini .

Penyebab Gula Darah Cepat Naik

Perlu anda ketahui, kadar gula darah untuk orang sehat berada di bawah 100mg/dL. Kalau mereka tidak mengkonsumsi makanan apapun selama 8 jam atau kurang dari 140 mg/dL sekitar 2 jam setelah makan.

Kadar gula dapat berubah dengan konsumsi makanan karena glukosa dalam makanan bisa memengaruhi kadar gula darah.

Selain itu, peningkatan gula darah sendiri cukup berbahaya karena bisa memicu komplikasi penyakit lain yang mematikan seperti serangan jantung dan stroke.

Penyebab Gula Darah Cepat Naik sendiri sangat sepele, nah berikut ini adalah beberapa penyebab yang memicu gula darah naik dengan cepat. Apa saja ? Yuk simak.

Inilah Penyebab Gula Darah Cepat Naik

  1. Pemanis Buatan

Salah sau penyebab kadar gula darah cepat naik yakni pemanis buatan, sebuah penilitian di Israel menunjukan bahwa pemanis buatan dapat menimbulkan efek negatif karena bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Penelitian lanjutan dengan 400 pastisipan peneliti menunjukan bahwa pengguna pemanis buatan dalam jangka panjang cenderung mempunyai tingkat gula darah Puasa lebih tinggi.

  1. Kurang Jam Tidur

Kurang Jam Tidur akan mempengaruhi jam biologis tubuh, dan kebiasaan ini aka membuat tubuh cepat stres.

Stres sendiri dapat meningkatkan kadar gula arah dengan cepat, untuk itu anda sebaiknya jangan pernah bergadangdan pastikan jam tidur anda terpenuhi.

  1. Penggunaan Obat – Obatan

Beberapa obat memiliki efek samping pada peningkatan kadar gula darah dalam tubuh, speerti obat antidpressan, steroid yang berfungsi untuk mengobati asma, penyakt autoimmune, serta inflamasi dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Sebelum menggunakan obat-obatan ini sebaiknya anda konsulstasikan dengan dokter.

  1. Kafein

Kadar gula darah dapat meningkat setelah mengkonsumsi kopi, bahkan kopi hitam yang sama sekali tidak mengandung kalori, karena adanya kafein.

Selain itu, teh hitam, teh hijau, minuman energi lainnya juga dapat menganggu kadar gula darah penderita diabetes.

  1. Menstruasi

Perubahan hormon pada masa mentruasi ternyata, mempengaruhi kadar gula darah. Kadar hormon yang tidak syabil pada perempuan yang sedang memasuki masa menstruasi, dapat menurunkan sensitivitas insulin yang menyebabkan kadar gula darah naik bagi perempuan.

  1. Infeksi, penyakit, dan Operasi

Ketika Mengalami rasa sakit, infeksi, atau operasi, kadr gula darah biasanya meningkat lebih cepat di bandiangkan dengan orang yang tidak sakit atau tidak mengalami infeksi.

Nah, itu tadi merupakan beberapa penyebab kadar gula darah cepat naik yang harus anda ketahui.

Lantas Bagiamna Cara Mengatasi atau Mencegah kenaikan Gula darah ?

Kenaikan Gula darah merupakan hal yang sering di alami oleh seseorang dengan diabetes. Namun, hal ini di pengaruhi oleh banyak hal. Beikut adalah beberapa hal yang haru dilakukan untuk mecegah kenaikan kadar gula darah :

  • Biasakan Pola Makan Yang Sehat
  • Rutin berolahraga
  • Hindari makanan atau minuman yang tinggi gula
  • Kendalikan stress
  • Memperbaiki Pola tidur
  • Berhenti merokok
  • Rutin cek gula darah

Nah itulah beberapa upaya pencegahan yang bisa anda lakukan supaya gula darah tetap dalam kedaan normal tidak tinggi ataupun rendah.

Demikianlah Informasi Terkait Penyebab Gula darah Cpat naik dan juga cara pencegahannya, semoga dengan adanya Informasi Ini bisa menambah Pengetahuan anda. Salam Sehat!

ARTIKEL HERBAL

GAMAT EMAS KAPSUL SOLUSI ATASI UNTUK MENORMALKAN GULA DARAH SERTA MENJADI SOLUSI UNTUK MASALAH KESEHATAN LAINNYA!

Penyebab Gula Darah Cepat Naik

 

BACA ULASANNYA

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*